Selasa, 13 September 2011

MANAJEMENT


MANAJEMEN

PENGERTIAN.
“Manajemen adalah suatu proses yang terdiri dari rangkaian kegiatan, seperti perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengendalian/pengawasan, yang dilakukan untuk menetukan dan mencapai tujuan yang telah ditetapkan melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya” (By:R. Terry)

KARAKTERISTIK MANAJEMEN
>. Kegiatan yang diselenggarakan: Manajemen adalah proses kegiatan yang diselenggarakan. . Kelompok orang tidak dapat terlibat dalam kinerja kegiatan tanpa kegiatan yang diselenggarakan.
> Keberadaan Tujuan: Keberadaan tujuan adalah kriteria dasar dari setiap organisasi manusia yang dicari melalui upaya terkoordinasi dari orang-orang yang merupakan suatu organisasi.
>Keputusan-keputusan: Pengambilan keputusan menggambarkan proses dimana suatu tindakan yang dipilih sebagai cara untuk menangani masalah tertentu. .
>Hubungan antara sumber:Manajemen berkaitan dengan pemanfaatan yang tepat dari sumber daya manusia yang pada gilirannya memanfaatkan sumber daya lainnya.
>Bekerja dengan dan melalui orang: Manajemen melibatkan bekerja dengan orang dan mendapatkan tujuan organisasi yang dicapai melalui mereka.
Referensi
  • James AF Stoner and Chales Wankel, “Management, 3rd edition”, Prentice Hall. James AF Stoner dan Wankel Chales, "Manajemen, edisi ke3", Prentice Hall.
UNSUR-UNSUR MANAJEMEN
Man (SDM)
. Manusia yang membuat tujuan dan manusia pula yang melakukan proses untuk mencapai tujuan. Tanpa ada manusia tidak ada proses kerja, sebab pada dasarnya manusia adalah makhluk kerja.
2. Money (uang) Oleh karena itu uang merupakan alat (tools) yang penting untuk mencapai tujuan karena segala sesuatu harus diperhitungkan secara rasional.
3. Materials (bahan)
Dalam dunia usaha untuk mencapai hasil yang lebih baik, selain manusia yang ahli dalam bidangnya juga harus dapat menggunakan bahan/materi-materi sebagai salah satu sarana. Sebab materi dan manusia tidaki dapat dipisahkan, tanpa materi tidak akan tercapai hasil yang dikehendaki.
4. Machines (mesin)
Dalam kegiatan perusahaan, mesin sangat diperlukan. Penggunaan mesin akan membawa kemudahan atau menghasilkan keuntungan yang lebih besar serta menciptakan efesiensi kerja. 
5.Methods (metode)
Sebuah metode dapat dinyatakan sebagai penetapan cara pelaksanaan kerja suatu tugas dengan memberikan berbagai pertimbangan-pertimbangan kepada sasaran, fasilitas-fasilitas yang tersedia dan penggunaan waktu, serta uang dan kegiatan usaha.
6. Market (pasar)
Penguasaan pasar dalam arti menyebarkan hasil produksi merupakan faktor menentukan dalam perusahaan. Agar pasar dapat dikuasai maka kualitas dan harga barang harus sesuai dengan selera konsumen dan daya beli (kemampuan) konsumen.
Unsur- unsur manajemen menjadi hal mutlak dalam manajemen karena sebagai penentu arah perusahaan dalam melakukan kegiatan perusahaan.



BIDANG-BIDANG MANAJEMEN
a. Manajemen Produksi
Manajemen produksi adalah proses manajemen yang bertanggung jawab terhadap prencanaan (aktifitas) produksi, distribusi atau manajemen proyek yang dijalankan oleh sebuah organisasi
b.Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran adalah suatu rencana kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan berdasarkan analisa situasi dan tujuan yang telah ditetapkan. 
c.Manajemen keuangan
Manajemen keuangan adalah suatu bagian dari manajemen yang fokusnya adalah pengelolaan dana perusahaan yang efektif dan efesien guna mencapat tujuan yang telah ditetapkan perusahaan. 
d. Manajemen personalia
Manajemen personalia adalah bagian dari manajemen yang memfokuskan perhatiannya pada faktor produksi tenaga kerjadalam suatun organisasi agar tujuan yant telah ditetapkan dapat dicapai secara optimal.
e. Manajemen Administrasi
Manajemen administrasi merupakan bagian dari manajemen yang memberikan informasi layanan bidang administrasi yang diperlukan untuk melaksanakan kegiatan secara efektif dan memberi dampak kelancaran pada bidang lainnya.
FUNGSI” MENEJEMEN
Planning (perencanaan)
Organizing(pengorganisasi)
Staffing(penyusunan personalia)
Leading(pengarahan)
Controlling(pengawasan)
menurut Handoko (2000:21) yg berasal dari klasifikasi paling awal dari fungsi-fungsi manajerial menurut Henri Fayol

Tidak ada komentar:

Posting Komentar